Hapus KTKLN, Jokowi Dapat Pujian

Jakarta – Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri memuji langkah berani Presiden Jokowi yang menghapus Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN).

Pasalnya, kartu yang menjadi identitas bagi TKI di luar negeri ini kerap dijadikan ajang pemerasan. Penghapusan KTKLN tersebut diputuskan Jokowi pada akhir telekonferensinya dengan TKI di beberapa negara, Minggu (30/11/2014).

Menanggapi langkah berani Jokowi, Pusat Studi Nusantara (Pustara) menyambut positif keputusan berani Jokowi menghapus KTKLN. Berdasarkan laporan yang masuk ke Pustara, selama ini KTKLN memang membebani para TKI di luar negeri.

“Para TKI di luar negeri memang mengeluhkan KTKLN yang sangat memberatkannya. Karena itu, niat baik Jokowi menghapus KTKLN adalah baik demi perlindungan para TKI di luar negeri,” ujar peneliti Pustara, Wiend Sakti Myharto di Jakarta, Senin (01/12/2014).

Fakta lain, tambah Wiend, saat TKI telantar, KTKLN yang diharapkan memberikan perlindungan bagi TKI, kenyataannya tidak berfungsi sebagaimana konsepnya. Bahkan, di lokasi penempatan, saat TKI ingin beli kartu perdana untuk berkomunikasi dengan anggota keluarganya, TKI tidak bisa membeli kartu perdana.

“Dengan menunjukkan KTKLN, TKI berharap bisa membeli kartu perdana agar bisa berkomunikasi dengan keluarganya di Indonesia, tetapi, si penjual pulsa tidak melayaninya kecuali TKI menunjukkan KTP/paspor,” tuturnya.

Fakta berikutnya, saat TKI sampai di Indonesia, TKI berharap bisa mendapatkan gaji melalui klaim asuransi KTKLN ke Paladin Insurance. “Tetapi, para TKI tidak bisa mendapatkan haknya dengan alasan yang tidak jelas,” ujarnya.

Atas dasar itulah, Pustara berharap kepala BNP2TKI untuk menindaklanjuti mandat Jokowi yang menghapus KTKLN dengan mencarikan aturan baru, sebagaimana janji bapak Nusron yang akan melakukan revolusi mental TKI selama 30 hari.

“Kita dukung janji pak Nusron yang akan lakukan revolusi mental TKI selama sebulan,” tukasnya. (gus/bim)

0 Comments

Leave a Comment

1 + 4 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password