Pemprov Sumbar Bantu Nelayan Pasbar Mesin Long Tail

Covesia.Com – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan memberikan bantuan berupa mesinLong Tailkepada nelayan yang ada di kabupaten/kota di Sumatera Barat (Sumbar). Dengan demikian, kedepan tidak ada lagi nelayan yang mencari ikan di perairan Sumbar dengan menggunakan perahu tradisional.

Untuk membantu para nelayan di Sumbar, pemerintah provinsi bekerjasama dengan pemerintah kabupaten kota yang mempunyai laut. Konsepnya, pemerintah provinsi dan kabupaten langsung membagi dua tanggung jawab pengadaan kapal long tail tersebut.

“Khusus di Kabupaten Pasaman Barat, kita mempunyai nelayan tradisional sebanyak 226 orang. Kita akan membantu sebanyak 113 nelayan, kemudian setengahnya lagi akan dibantu oleh pemerintah provinsi,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pasaman Barat, Ir. Jhonniwar, MSi ketika ditanya covesia, Selasa (2/12/2014).

Dengan adanya bantuan kapal Long Tail maka tidak ada lagi nelayan tradisional di Kabupaten Pasaman Barat. Di Sumbar yang mempunyai laut adalah Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padangpariaman dan Kabupaten Agam.

“Kalau di Pasbar, kita beli mesin kapalLong Tail6 PK, karena mesin ini minyaknya irit,” kata Jhonniwar.

Menurutnya, dengan mengunakan perahu mesin maka pendapatan nelayan akan meningkat. Diperkirakan pendapatan nelayan akan bertambah sekitar Rp75 ribu sampai Rp100 ribu sekali melaut.

Sebab, jangkauan nelayan untuk pergi menangkap ikan akan semakin jauh. Biasanya kalau mempergunakan perahu dayung hanya mampu 4 mil, kalau sudah menggunakan perahu mesin maka bisa 15 mil.

“Ya benar, pendapatan nelayan kita akan meningkat kalau mempergunakan perahu mesin. Jumlah perahu nelayan kita di Pasbar sebanyak 617 buah,” kata Jhonniwar. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

8 + 9 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password