Ikan Kerapu Pasaman Barat Diekspor ke Hongkong

Covesia.com – Hampir satu ton ikan kerapu Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) diekspor ke Hongkong. Kini stok Ikan Kerapu di Pulau Panjang Air Bangis, Pasbar tinggal 600 Kilogram lagi.

Harga jual ikan tersebut sekitar Rp275 ribu perkilogram. Kelompok tani Nelayan Pulau Panjang Satu, Air Bangis saat ini mencari pembeli yang lebih tinggi harganya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pasaman Barat, Ir. Jhonniwar, MSi dan Kasi Pengembangan dan Pembenihan Ikan, M. Hunen ketika ditanya covesia.com, Selasa (2/12/2014) membenarkan hal tersebut. Pasaman Barat mempunyai kelompok tani Pulau Panjang Satu yang mempunyai satu unit keramba.

“Dalam satu keramba tersebut mempunyai 14 lobang. Dalam satu lobang diisi 300 ekor anak kerapu,” kata Jhonniwar.

Menurutnya, rata-rata mereka menjual 0,5 Kilogram dalam satu ekor. Stok kerapu 600 Kilogram tersebut sudah siap panen. Saat ini hanya tinggal pembeli yang mampu membeli dengan harga tinggi.

“Kerapu kita sudah punya nilai jual ke luar negeri dengan kwalitas bagus. Proyek ini terus akan kita tingkatkan kedepannya,” sebut Jhonniwar.

Bibit kerapu ini dibantu oleh Pemerintah Provinsi Sumbar. Kemudian pembinaan kelembagaan dibantu oleh pemerintah Kabupaten Pasaman Barat.

“Ikan kerapu ini beda dengan ikan lain, sebab panennya sekali 16 bulan. Kita berharap proyek ini akan lebih sukses tahun berikutnya dan menambah pendapatan kelompok tani,” sebutnya. (man/cal)

0 Comments

Leave a Comment

19 + sixteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password