Rupiah Senin Sore Melemah

Rupiah Senin Sore Melemah Uang Rupiah. (Muhammad Fitrah/covesia.com)
Covesia.com

- Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin sore, melemah 60 poin menjadi Rp12.355 dibandingkan posisi sebelumnya Rp12.295 per dolar AS.

Analis Monex Investindo Futures Zulfirman Basir di Jakarta, Senin mengatakan bahwa data tenaga kerja Amerika Serikat yang meningkat mendorong pelaku pasar uang melakukan aksi beli terhadap dolar AS. Data non-farm payroll AS bertambah menjadi sekitar 321.000 di November tahun ini.

"Kondisi itu membuat investor lebih yakin dengan tangguhnya perekonomian AS. Apabila tren dolar AS berlanjut, maka peluang bagi mata uang rupiah bergerak terkoreksi cukup terbuka," katanya.

Menurut dia, berlanjutnya perbaikan sektor tenaga kerja Amerika Serikat itu dapat mendorong bank sentral AS (Federal Reserve) untuk mulai menaikan suku bunga di pertengahan tahun 2015.

Di sisi lain, ia menambahkan bahwa data neraca perdagangan Tiongkok yang dirilis juga membuat investor khawatir terhadap ekonomi disana. Meski data neraca perdagangan Tiongkok surplus, namun kinerja ekspor dan impor Tiongkok menurun.

"Kinerja ekspor dan impor neraca perdagangan Tiongkok yang menurun dapat mengganggu outlook ekspor Indonesia ke depan," katanya. (ant/lif)

Berita Terkait

Baca Juga