Harga Minyak Dunia Turun, Harga Komoditas Lain Berpotensi Melemah

Covesia.com – Turunnya harga minyak mentah dunia pada Rabu (3/12/2014) ini, menimbulkan kekhawatiran bagi PT. Pertamina (Persero) Region I, Padang, Sumatera Barat.

“Harga minyak dunia yang terus merosot tajam juga akan mendorong pelemahan tajam pada harga komoditas lain, terutama emas, mineral, dan tambang. Sebaliknya, penurunan harga minyak akan membuat dolar semakin menguat,” kata Koordinator Lapangan Pertamina Wilayah Sumbar, Suroto kepada covesia.com, Rabu, (3/12/2014).

“Kondisi ini menyebabkan harga BBM bersubsidi tidak akan melampaui harga keekonomian yang semakin menguat. Kalau harga turun terus, artinya harga keekonomian seharusnya juga turun,” sambungnya.

Tetapi dibalik ini semua, Suroto melihat akan ada keuntungan yang sangat baik dari segi pemerintahan. Biaya yang harus dikeluarkan oleh pemerintahan untuk impor BBM juga bisa berkurang. Ini disebabkan karena harga dari minyak mentah dunia tersebut terus menurun. .

Sebelumnya, penurunan harga minyak dunia dipicu setelah pemerintah Irak dan otonom Kurdi mencapai kesepakatan yang akan meningkatkan ekspor minyak mentah negara itu ke pasar global yang sudah kelebihan pasokan. (def/bim)

0 Comments

Leave a Comment

two × two =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password