Inflasi Kota Padang Tertinggi di Indonesia

Covesia.com – Kota Padang mengalami inflasi tertinggi dibandingkan dengan 82 kota lainnya di Indonesia pada periode November 2014. Data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar, mencatat Kota Padang mengalami inflasi dengan persentase sebesar 3,44 persen.

“Pada bulan November ini, tercatat bahwa Kota Padang menjadi kota yang mengalami inflasi tertinggi bila dibandingkan dengan kota-kota lain yang ada di Indonesia, sedangkan Manokwari menjadi yang terendah dengan inflasi 0,07 persen,” tutur Kepala BPS Sumbar, Yomin Tofri kepada covesia.com, Rabu (3/12/2014).

Dilanjutkannya, setiap daerah mengalami inflasi pada periode akhir tahun 2014 ini. Hal tersebut terjadi karena, adanya kenaikan harga yang ditunjukan oleh naiknya indeks beberapa kelompok kebutuhan rutin masyarakat.

“Yang mengalami kenaikan indek pada bulan ini diantaranya, bahan makanan 2,15 %, kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau 0,71 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar 0,49 persen, kelompok kesehatan 0,43 persen, kelompok pendidikan, rekreasi, dan olah raga 0,08 persen dan yang terakhir kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan dengan persentase sebesar 4,29 persen,” paparnya. (adi/bim)

0 Comments

Leave a Comment

4 × 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password