3 Kapal Asing Pencuri Ikan di Natuna Segera Ditenggelamkan

Covesia.com – Pemerintah akan segera menenggelamkan 3 kapal asing pencuri ikan di perairan Natuna,tepatnya di Pulau Matak Kecamatan Pal Matak, Kabupaten Anasmbas,Kepulauan Riau. Eksekusi kapal asal Vietnam itu dilakukan sesuai perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pesannya adalah jangan sekali-kali melakukanillegal fishingdi perairan Indonesia,” kata Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Tedjo Edy Purdjianto usai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kantor Presiden, Kamis (4/12).

Menko Polhukam menambahkan, bahwa penenggelaman kapal pelaku pencurian ikan merupakan tindakan tegas pemerintah.

Untuk mengawasi perairan Nusantara, menurut Tedjo Edy, pemerintah menyiagakan 67 kapal yang 24 siap bergerak. Kapal tersebut terdiriatas kapal KKP, Bea Cukai, Kepolisian RI (Polri), dan TNI AL.

“Pengawasan dilakukan oleh Badan Keamanan Laut (Bakamla) yang rencananya akan diresmikan pada hari Nusantara tanggal 13 Desember mendatang,” ungkap Tedjo.

Menurut Menko Polhukam, Bakamla nantinya akan memegang kendali komando apabila terjadi keadaan darurat di perairan Indonesia.

Beberapa tugas dan tanggung jawab Bakamla, lanjut Menko, antara lain menjaga stabilitas keamanan laut dan menindak tegas kapal asing yang sering melakukan aksiillegal fishingdi perairan Indonesia. (lif)

0 Comments

Leave a Comment

11 + 14 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password