Sepuluh Anak Pakistan Terinfeksi HIV Akibat Transfusi Darah

Covesia.com – Sepuluh anak Pakistan terinfeksi HIV setelah menerima transfusi darah yang tercemar. Hal itu diungkapkan beberapa pejabat pada Kamis (4/12/2014), dalam kasus “mengejutkan” yang menggarisbawahi proses pemeriksaan darah yang buruk di negara itu.

Anak-anak tersebut, berusia lima hingga 16 tahun. Semuanya menderita kelainan darah turunan, Thalassaemia, yang menuntut pasien untuk menjalani transfusi rutin.

Menteri Regulasi dan Koordinasi Layanan Kesehatan Nasional, Saira Afzal Tarar, mengecam kasus tersebut sebagai sesuatu yang “mengejutkan” dan menjanjikan penyelidikan.

“Saya mencari tahu laporan tentang insiden itu dan saya juga menuliskan (pesan) kepada pemerintah provinsi tentang hal itu,” katanya.

Meski Pakistan memiliki undang-undang federal dan provinsi yang mengharuskan pemeriksaan darah, namun penerapannya masih lemah.

“Orang-orang yang bertanggung jawab harus dihukum dengan sangat berat,” kata Javed Akram dari Pakistan Institute of Medical Sciences.

“Seseorang berjuang melawan penyakit yang berkepanjangan dan Anda memberi mereka penyakit berkepanjangan lainnya,” katanya. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

four − two =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password