Kaltara Akan Miliki Jembatan Terpanjang Nasional

Covesia.com – Kalimantan Utara meskipun provinsi termuda atau ke-34, namun bakal memiliki sejumlah keberhasilan yang membanggakan. Di antaranya akan mempunyai jembatan terpanjang nasional karena mengalahkan jembatan Suramadu (Surabaya-Madura).

“Jika proyek ini berjalan, maka Kaltara akan memiliki jembatan terpanjang karena jika Jembatan Suramadu hanya 5,5 Km maka jembatan menghubungkan Bulungan-Tarakan sekitar enam kilometer,” ujar Pj Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie di Tanjung Selor, Kamis (4/12/2014).

Dengan demikian jembatan tersebut jika terwujud lima hingga 10 tahun mendatang akan menjadi ikon baru Kaltara.

Hal itu tentu membanggakan warga Kalimantan Utara karena “melengkapi” berbagai prestasi lain, yakni berhasil menjaga dan melestarikan salah satu kawasan hutan terbaik di “Heart of Borneo”, serta berhasil menggaet investor Tiongkok dengan investasi Rp175 Triliun untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan kapasitas terbesar di Indonesia atau nomor dua Asia, yakni 6.080 MW.

“Kami sudah menerima laporan studi kelayakan yang dikerjakan Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI) Institut Teknologi Bandung (ITB),” ujarnya.

Studi yang dilaksanakan secara komprehensif, dengan melakukan pengumpulan data primer di lapangan dan sekunder yang selanjutnya dianalisis untuk mencari alternatif trase atau jalan raya atau sering disebut sumbu jalan.

Selain analisis tata ruang dan pergerakan, kelayakan lingkungan, geologi, sipil dan jembatan, LAPI ITB juga melakukan analisis kelayakan ekonomi. Bentang jembatan Bulan yang mencapai enam kilometer itu baru dari trase Pulau Tarakan menyeberang ke Pulau Sadau, Pulau Payau hingga Liago.

Ada tiga alternatif untuk menuju Kota Tanjung Selor, ibukota Kaltara. Alternatif itu meliputi menyusuri pesisir pantai menuju daerah Sekatak Buji, menyeberang ke Pulau Agis menuju Sungai Ancam serta alternatif menyeberang ke Pulau Agis dilanjutkan ke Pentian.

Jika dihitung secara keseluruhan dengan mengambil jarak terpanjang menuju Tanjung Selor maka bentang jembatan yang akan dibangun lebih dari 7 km dengan panjang jalan mencapai 75 km. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

9 + nine =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password