Buruh di 34 Provinsi Bakal Demo Serentak

Covesia.com — Serikat Buruh se-Indonesia menggelar deklarasi aksi menjelang Mogok Nasional yang akan dilangsungkan pada 10-11 Desember 2014 mendatang di kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH), Jalan Diponogoro Menteng Jakarta Pusat.

Ketua Umum Gabungan Serikat Pekerja Merdeka Indonesia (Gaspermindo), Bambang Eka saat ditemui covesia.com di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gaspermindo, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (4/12/2014) malam, menjelaskan, aksi tersebut mengusung lima tuntutan kepada pemerintah.

Menurutnya, sebelum tanggal 11-12 Desember mendatang, pihaknya akan mengadakan aksi demo di 34 provinsi di Indonesia. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mengkonsolidasikan kekuatan buruh menjelang aksi mogok nasional yang akan datang.

“Rencana aksi mogok nasional akan kami langsungkan pertengahan bulan Desember ini. Tepatnya tanggal 10 dan 11 Desember. Dalam aksi besar ini kami bersama serikat pekerja seluruh Indonesia menuntut lima usulan kepada pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kala. Tetapi sebelum aksi tersebut, kami akan mengadakan aksi serentak di seluruh provinsi se tanah air. Ini untuk persiapan dan membangkitkan kepedulian kawan-kawan kita menjelang hari H mogok nasional nanti,” katanya.

Bambang juga merincikan kelima tuntutan itu yakni, pertama menolak Sistem Outsourcing di seluruh Indonesia, karena merugikan buruh. Kedua, menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) karena membuat kesengsaraan yang semakin besar pada kehidupan masyarakat kelas bawah. Ketiga, soal perbaikan sistem Jaminan Kesehatan Nasional.

Keempat, buruh juga menuntut seluruh gubernur di Indonesia untuk merevisi nilai upah minimum. Mereka meminta kepala eksekutif daerah se Indonesia mempertimbangkan dampak kenaikan BBM dalam menyusun angka Upah Minimum Provinsinya.

Terakhir Bambang mengatakan, Gaspermindo bersama seluruh Serikat Buruh lain yang tergabung dalam deklarasi Aksi Mogok Nasional di kantor LBH Jakarta, menuntut diberlakukannya jaminan pensiun untuk buruh pada 2015 dengan mengacu pada peraturan pemerintah yang baru. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

12 − 8 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password