2015, Airasia Tambah Dua Pesawat dan 10 Rute

Covesia.com – Maskapai AirAsia berencana menambah dua unit pesawat dan 10 rute penerbangan pada kuartal IV 2014 dan kuartal I 2015 mendatang.

Presiden Direktur AirAsia, Sunu Widyatmoko usai peninjauan pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (4/12/2014), menyebutkan pihaknya berencana menambah dua unit pesawat tipe Airbus A320. Namun, dia mengaku rencana pembelian itu tergantung pada kondisi nilai tukar rupiah serta harga avtur.

“Kalau rupiah bisa menguat kita mungkin akan tambah dua pesawat, tapi kalau rupiah makin mengkhawatirkan kemungkinan tidak jadi,” katanya.

Dia menjelaskan alasan tersebut karena sebagian besar dari pembiayaannya, yakni menggunakan dolar AS, baik dari pembelian avtur, suku cadang, perawatan, sewa pesawat dan sebagainya.

“Kita realistis, dolar AS ini 70 persen dari “cost” kita, bagai mana pun biaya dolar yang utama. Meskipun saya bayar Pertamina dalam rupiah, tapi ‘dipack’ (dikurs) ke dalam dolar,” katanya.

Untuk itu, Sunu berharap kepada pemerintah untuk bisa membuat rupiah lebih bergairah dengan cara menciptakan kepercayaan bagi pasar melalui peningkatan ekspor dan pengurangan impor. Dengan begitu, lanjut dia, fundamental neraca transaksi berjalan akan menguat yang selama ini terus menerus defisit.

Namun, dengan adanya penghematan dengan pencabutan BBM bersubsidi, menurut dia, bisa membantu menekan impor karena biaya logistik yang juga meroket.

“Kalau dolar melemah dan rupiah menguat, tentu biaya kita lebih rendah, tentu saja kita bisa tawarkan harga yang lebih objektif,” katanya.

Sunu menyebutkan angka realistis nilai tukar rupiah terhadap per satu dolar AS, yakni Rp11.000 dalam keseimbangan baru perekonomian. “Kalau saya maunya Rp10.000 lagi, tapi itu sudah tidak mungkin terjadi,” katanya.

Terkait rencana 10 rute, dia menyebutkan, di antaranya Surabaya-Lombok, Lombok-Singapura, Denpasar-Solo, Solo-Singapura, Denpasar-Cairns, Denpasar-Townsville, Denpasar-Bangkok, Palembang-Singapura dan lainnya. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

13 − five =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password