- Advertisement -
HomeNewsTiga Jembatan di Pasaman Rusak Akibat Dihantam Banjir

Tiga Jembatan di Pasaman Rusak Akibat Dihantam Banjir

- Advertisement -

Covesia.com – Pemerintah Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mencatat, akibat hujan deras selama November 2014 sebanyak tiga buah jembatan rusak. Begitu juga pembangunan proyek-proyek lainnya banyak yang rusak akibat dihantam banjir.

“Dari hasil pendataan kita, banyak infrastruktur, terutama jalan dan jembatan yang mengalami kerusakan akibat disapu banjir selama musim hujan November kemarin,” kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pasaman, Alfakanif kepada covesia.com, Jumat (5/12/2014).

Diantaranya infrastruktur yang rusak itu adalah jembatan Lubuak Hijau Simamonen Kecamatan Rao Utara, jembatan Tingkarang Kecamatan Rao Selatan, dan jembatan Binjai Kecamatan Tigo Nagari.

Kemudian, ada infrastruktur yang dibangun melalui dana Program Partisipatif Berbasis Nagari (P2BN) di Lungguakbatu Kecamatan Bonjol, dan beberapa proyek lain juga rusak. Ditambah lagi proyek normalisasi Batang Asik, yang anggaranya mencapai Rp1,5 miliar, juga rusak.

Menurutnya, dari infrastrukrur yang rusak itu, salah satu yang diperbaiki dinas terkait pada tahun ini, adalah jembatan Lubuk Hijau, yang dibangun dengan anggaran sekitar Rp300 juta.

Jembatan tersebut dibangun melalui dua tahun anggaran. Bagiannya yang runtuh dihantam banjir adalah tapak jembatan yang dibangun dengan APBD 2013. Jembatan Lubuk Hijau tersebut dibangun untuk mempermudah akses transportasi bagi masyarakat, dengan anggaran sekitar Rp200 juta. Bangunan jembatan itu hanya untuk jalan menuju ke lahan perkebunan warga.

“Untuk memperbaiki jembatan Lubuk Hijau membutuhkan anggaran Rp60 juta dan diselesaikan sebelum akhir tahun,” sebutnya.

Sedangkan jembatan tingkarang, dibangun juga untuk tanggap darurat senilai Rp100 juta. Dan jembatan Binjai di Tigo Nagari yang roboh sudut tapaknya, hanya membutuhkan anggaran sekitar Rp40 juta. Semua untuk tanggap darurat diselesaikan sampai akhir tahun. (man/bim)

- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Related News
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − 9 =