Jelang Kongres, PAN Klaim Tidak Akan Ada Perpecahan

Covesia.com – Fenomena struktur tandingan sepertinya sedang menjadi trend dalam kancah politik nasional Indonesia sejak beberapa waktu terakhir. Seperti kasus Pimpinan DPR tandingan, ketua umum partai tandingan hingga gubernur tandingan.

Namun Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi menjamin, menjelang suksesi kepemimpinan, PAN tidak akan mengalami perpecahan.

“Partai kami cukup kondusif, kongres nanti tidak akan seheboh yang lain. Internal kami cukup solid,” sebutYoga.

Yoga menyebutkan, berpartai adalah persoalan kolektif dan kolegial. Proses pergantian pimpinan dalam politik adalah hal yang biasa dalam kehidupan politik. Sehingga tidak perlu dibesar-besarkan.

“Karena pergantian pimpinan itu kan hanya bagian dari proses seleksi saja. Dan prosesnya juga menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujarYogakepada covesia.com, di Jakarta, Jumat (5/12/2014) pagi.

Lebih lanjut elit PAN tersebut mengaku, pembicaraan persiapan Kongres PAN sudah dimulai. “Siapa-siapa kandidat nanti yang mau maju dalam kongres saya belum tau. Tapi kemungkinan besar yang akan maju cukup banyak,” katanya.

Wakil Ketua Fraksi PAN ini pun mengaku belum bisa memastikan kandidat mana yang akan berpotensi lebih besar terpilih menjadi Ketua Umum PAN. Dirinya-pun tidak mau sesumbar memberi jaminan jika setelah Kongres PAN nanti, PAN akan tetap dalam Koalisi Merah Putih (KMP). Atau menyeberang ke koalisi Indonesia Hebat (KIH).

“Keputusan untuk koalisi nanti ada di Kongres, tidak bisa kita putuskan sekarang. Arah politik PAN ini bisa dilihat nanti setelah Kongres. Kan untuk memutuskan sesuatu, prosedurnya melalui kongres,” tuturnya. (pjr/bim)

0 Comments

Leave a Comment

5 + 14 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password