BTEL: Mitra Bisnis Masih Komit Investasi Telekomunikasi

BTEL Mitra Bisnis Masih Komit Investasi Telekomunikasi Kantor Bakrie & Brothers. (Foto: themalaysianinsider.com)

Covesia.com - Perdamaian antara BTEL dengan kreditur secara garis besar memprioritaskan utang ke pemerintah dan kreditur kecil. Sebagian utang dikonversi menjadi MCB (Mandatory Convertible Bonds) yang dikonversikan menjadi saham BTEL Rp200 per lembar saham dan penjadwalan kembali rencana pembayaran utang.

Pengergasan ini dikatakan Direktur Utama PT Bakrie Telecom Tbk Jastiro Abi, mengutip Antara dilansir covesia.com, Kamis (11/12/2014). Abi lebih lanjut menjelaskan bahwa dengan selesainya proses PKPU ini menunjukkan tingginya komitmen investor dan mitra bisnis terhadap sektor telekomunikasi, khususnya potensi bisnis perseroan. Manajemen berkomitmen meningkatkan kinerja bisnis untuk menjaga momentum yang positif tersebut.

Dengan dukungan semua stakeholder, perseroan optimistis dapat menjalankan rencana bisnis yang telah dipaparkan sebelumnya dalam rapat kreditur. Saat ini perseroan tengah merampungkan proses kemitraan strategis dengan salah satu operator untuk lebih meningkatkan efisiensi dan layanan kepada pelanggan.

"Kami percaya bahwa hal ini merupakan cerminan dukungan dari berbagai pihak untuk mendukung industri telekomunikasi nasional agar terus dapat berkembang di masa datang," ujar Abi.

Jastiro mengatakan, total hutang perusahaan yang mendapat penundaan Rp11,6 Triliun, sebanyak Rp7,6 Triliun dikonversi menjadi MCB, sedangkan Rp4 Triliun akan dicicil.

Harya mengatakan, dengan selesainya PKPU tersebut berarti hutang kebelakang (back log) perusahaan kepada kreditur sebesar 70 persen sudah selesai melalui proses MCB tersebut.

Menurut Harya, melalui PKPU membuat operasional perusahaan menjadi lebih ringan karena hutang sebelumnya telah diselesaikan sedangkan bagi kreditur melihat bisnis kedepan akan berkelanjutan sehingga mereka yakin hutang itu akan terbayarkan. Bagi kreditur yang paling penting cash flow harus tetap ada. (cal)

Berita Terkait

Baca Juga