Korem 032 Wirabraja Sosialisasikan Pemakaian Gas 3 Kg pada Sepedamotor

Covesia.com – Korem 032 Wirabraja mensosialisasikan pemakaian tabung gas elpiji tiga kilogram untuk kendaraan sepedamotor roda dua di Kodim 0305 Pasaman, Sumatera Barat. Hal ini sebagai konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke gas.

Tim Teknisi Motor Gas dari Korem 032 Wirabraja, Serda Robi Kurniwan ketika ditanya covesia.com, Jumat (5/12/2014) mengatakan, konversi bahan bakar bagi roda dua itu dengan menggunakan gas akan lebih irit, dan tujuan akhirnya untuk membantu masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

“Kita telah sosialisasikan sejak tiga hari tekahir, di setiap kodim yang ada di Sumbar. Dengan menggunakan gas akan lebih irit,” kata Serda Robi Kurniwan.

Menurutnya, ini merupakan bentuk tindak lanjut dari MOU antara Profesor Ujang Kiswara yang menemukan cara konversi BBM bagi kendaraan roda dua dengan Kodam I Bukit Barisan. Intinya untuk membantu masyarakat kelas bawah, supaya masyarakat terbantu daram pengiritan BBM.

Dengan pemakaian bahan bakar gas pada sepeda motor roda dua, akan dapat mengirit penggunaan BBM. Untuk satu tabung gas tiga kilogram, akan dapat dipergunakan untuk jarak tempuh 300 sampai 400 kilometer.

Dijelaskannya, untuk menjadikan kendaraan roda dua berbahan bakar gas, tentu modifikasi harus dilakukan. Dan memerlukan biaya sekitar Rp400 ribu, karena ada penyesuaian dengan karburator, pelampung, injektor dan lobang angin yang harus ditutup.

Sementara itu, Kasdim 0305 Pasaman, Mayor. Inf. Dwi Syaputra kepada covesia.com menyebutkan, pada tahun 2015 Kodim Pasaman akan siap memodifikasi semua kendaraan roda dua Babinsa. Jumlah kendaraan roda dua sebanyak 104 unit yang tersebar di 7 Koramil di Pasaman.

“Kita optimis siap mensukseskan program penghematan BBM ini dengan pengalihan BBM ke gas. Dan ini sudah dicanangkan oleh panglima TNI bekerjasama dengan pihak perguruan tinggi,” kata Kasdim. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

three + 20 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password