BMKG: Kini Tarakan Daerah Zona Gempa

Covesia.com – Kepulauan Kalimantan selama ini dianggap sebagai daerah yang aman dari gempa bumi di Indonesia. Hal ini disebabkan karena Kalimantan adalah pulau Purba yang aktivitas seismiknya tidak aktif lagi.


Hal itu tidak mutlak dijadikan sebagai patokan. Baru-baru ini gempa bumi justru mengguncang Kalimantan. Gempa bumi tektonik tersebut terjadi diKota Tarakan Kalimantan Timur pada pukul tanggal 9 November 2014 pukul 02.00.18 Wib dengan kekuatan 4,3 SR dengan kedalaman 10 kilometer. BMKG setempat mencatat ada 9 kali gempa susulan dengan kekuatan yang lebih kecil.


Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, mengatakan Tarakan adalah zona rawan gempa di Kalimantan Timur. Gempa yang mengguncang Tarakan disebabkan oleh patahan turun (normal fault). Sesar menurun tersebut tersebar di daerah Pulau Bunyu.Pulau Tarakan, dan sekitarnya.


Lebih lanjut, Daryono menjelaskan secara geologis kawasan Pulau Tarakan dan sekitarnya terletak di zona Cekungan Tarakan.Pada zona ini pernah berkembang proses pengendapan sedimen yang massif sehingga tempat di cekungan ini mengalami penurunan dan terbentuk struktur patahan turun.


“Pulau Tarakan dan sekitarnya terdapat dua sistem sesar yaitu zona sesar mangkalihat dan sesar maratua,” ujar Daryono yang dikutip dari bmkg.go.id, Jumat (05/12/2014).


Potensi kegempaan yang mungkin terjadi di daerah tersebut tetap perlu diwaspadai untuk mengurangi dampaknya. Mengingat Kota Tarakan sangat strategis di Kalimantan Timur, yaitu sebagai penggerak ekonomi baik sektor ekspor impor antara Indonesia-Malaysia-Filipina maupun sektor pertambangan. (osd/lif)

0 Comments

Leave a Comment

fifteen + 9 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password