Prancis Bayarkan Kompensasi Warga Asing yang Dideportasi ke Kamp Nazi

Covesia.com – Prancis setuju membayar 60 juta dolar (Rp740,9 miliar) sebagai kompensasi bagi para warga negara AS dan asing lainnya, yang dideportasi ke kamp-kamp Nazi menggunakan kereta api Prancis saat Perang Dunia II, kata para diplomat, Sabtu.

Perjanjian, yang dibuat setidaknya dalam dua tahun ini, sekarang bisa membuka jalan bagi perusahaan kereta api Prancis, SNCF, untuk berupaya mendapatkan kontrak-kontrak besar di negara bagian Maryland, AS.

Beberapa ribu orang bisa mendapat kelayakan untuk mendapatkan kompensasi tersebut, termasuk para warga negara Israel dan Kanada serta warga-warga AS yang dideportasi dari Prancis ke kamp-kamp pembunuhan selama berlangsungnya Perang Dunia II.

Kabar soal tercapainya perjanjian itu muncul pada jumpa pers yang secara serentak diadakan oleh para perunding AS dan Prancis, Jumat.

Selama pendudukan Prancis oleh Jerman, rezim Nazi mendeportasi hampir 76.000 warga Yahudi ke kamp-kamp konsentrasi di mobil-mobil angkutan milik Prancis antara 1942 dan 1944.

Hanya 3.000 dari warga naas itu yang akhirnya selamat.

Parlemen Maryland sebelumnya menuntut SNCF untuk memberikan kompensasi kepada para korban sebelum perusahaan itu diizinkan ikut serta dalam proses tender proyek kereta api umum-swasta sepanjang 25 kilometer. Proyek itu bernilai 3 miliar dolar (Rp37,1 triliun). (ant/lif)

0 Comments

Leave a Comment

8 − 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password