Jaringan Komputer Sony Kena Retas Hacker, 47.000 Data Bocor

Covesia.com – Para peretas alias hacker berhasil yang meretas jaringan komputer Sony. Akibatnya informasi pribadi yang sensitif milik sekitar 47.000 orang di dunia, termasuk selebriti bocor.

Presiden Identity Finder Todd Feinman dari peneliti keamanan identity, dilaporkan AFP, dilansir covesia Sabtu (6/12/2014), pihaknya Finder menemukan nama lengkap, nomor jaminan sosial, tanggal lahir, dan alamat rumah, yang bisa memberikan “celah bagi para penjahat yang berniat melakukan penipuan identitas.”

“Temuan yang paling mengkhawatirkan dalam analisis kami adalah banyaknya duplikat salinan nomor jaminan sosial yang ada di dalam data tersebut,” kata Presiden Identity Finder Todd Feinman.

Dia mengatakan beberapa angka ini muncul di lebih dari 400 lokasi yang berbeda, “memberikan lebih banyak kesempatan bagi para peretas untuk menimbulkan kerugian.”

Peneliti menemukan 601 berkas yang berisi data tersebut termasuk spreadsheet dan dokumen Word. Mereka mengatakan lebih dari 15.000 nomor jaminan sosial tersebut adalah milik karyawan atau mantan karyawan Sony.

Sony Pictures awal pekan ini mengonfirmasi serangan tersebut, menyebutnya sebagai upaya “kurang ajar” yang menjaring “sejumlah besar” informasi rahasia, termasuk film serta data pribadi dan bisnis. Sony sendiri meluncurkan PS4 edisi terbatas baru-baru ini. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

nine + 18 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password