Jelang Natal, Palang Merah Imbau Dunia Waspada Ebola

Jelang Natal Palang Merah Imbau Dunia Waspada Ebola (Foto: ifrc.org)

Covesia.com - Palang Merah Internasional mengimbau semua negara di dunia untuk waspada terhadap kemungkinan penyebaran virus Ebola. Karena menjelang natal akan banyak terjadinya perjalanan liburan musim natal ke Afrika Barat.

"Mungkin ada risiko gelombang infeksi jika tidak semua tindakan diambil," ujar Elhadj As Sy, kepala International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC), kepada wartawan di London, sebagaimana dilansir AFP, Kamis (11/12/2014).

"Ini adalah kombinasi dari musim perayaan di mana terjadi mobilitas tinggi dan juga risiko tinggi, jikamembiarkan Anda lengah dan tidak waspada."

"Ini adalah peringatan kewaspadaan yang lebih besar," ujarnya, menambahkan: "Upaya terbaik kami saat ini adalah mengandalkan perilaku, sikap, mobilisasi masyarakat, pengobatan, penguburan yang baik dan aman."

Kepala IFRC juga mengakui "tidak terjadi peningkatan" infeksi Ebola dan terdapat tanda-tanda penurunan di beberapa tempat, tetapi memperingatkan bahwa hal ini "tidak bisa menjadi alasan untuk berpuas diri."

IFRC saat ini memiliki sekitar 11.000 relawan di tiga negara yang terinfeksi epidemi Ebola paling buruk, meliputi Guinea, Liberia dan Sierra Leone. (ant/cal)

Berita Terkait

Baca Juga