- Advertisement -
HomeNewsJakarta Menuju Smart City

Jakarta Menuju Smart City

- Advertisement -

Covesia.com – Guna penerapan Smart City, DKI Jakarta akan menerapkan sistemnya yang direncakan pada pertengan bulan ini (Desmber). Dengan diterapkannya sistem ini, masyarakat dan pegawai pemerintah dapat melek teknologi, terutama menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja (Ahok), Rabu (3/12/2014), dengan sistem ini masyarakat bisa melapor terkait kondisi di wilayahnya. Salah satu caranya dengan mengefektifkan peran RT/RW.

“RT/RW itu akan kita bayar kalau dia mengirim berita ke sistem kita. Misalnya, ya sudah sehari kamu kira-kira mesti nget-tweet tiga kali, satu kali tweet 10 ribu, bukan tweet-lah, bisa (juga) data,” ujar mantan anggota DPR ini.

Kemudian, laporan dan foto yang dikirimkan akan masuk ke Pemprov DKI dan ditindaklanjuti oleh instansi yang terkait. Pemprov DKI akan memiliki control room yang nanti dibuat di lantai tiga (Balai Kota Jakarta). Fungsi control room ini untuk memvalidkan informasinya untuk tindak lanjut.

Ahok secara tegas mengatakan bahwa program ini juga berlaku bagi PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Menurutnya, tidak mungkin dapat mengontrol puluh ribu pengawai tanpa gunakan teknologi. Pemadam dan petugas kebersihan pun tak luput dari tracking tersebut.

Kelebihan lain program ini. pemerintah juga dapat memeriksa pajak bumi dan bangunan penduduk. Lalu, program Jakarta Smart City juga memudahkan petugas untuk datang di lokasi untuk menangani apabila tindak kriminal sedang terjadi.(osd/cal)

- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Related News
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 + 6 =