Edi Indrizal: KMP akan Solid Sepakati Perppu Pilkada

Edi Indrizal KMP akan Solid Sepakati Perppu Pilkada Koalisi Merah Putih (KMP). (sumber: koalisimerahputih.or.id)

Covesia.com - Pengamat Politik dari Universitas Andalas, Edi Indrizal menilai tidak terdapat keretakan dalam tubuh Koalisi Merah Putih (KMP), terkait perbedaan pandangan mengenai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Pilkada yang disahkan oleh Pemerintah pada masa SBY.

"Kita melihat KMP telah solid sejak awal bergabungnya Partai Demokrat. Begitupun halnya dengan kesepakatan koalisi mengenai Perppu tersebut," ujarnya kepada covesia.com, Jumat (12/12/2014).

Menurut Edi, tidak benar kiranya ada anggapan yang mengatakan bahwa KMP menolak Perppu Pilkada yang dikeluarkan SBY. Sebab menurutnya, sejak awal KMP sudah mengindikasikan kesepakatannya mengenai Perppu Pilkada.

"Perbedaan yang ada selama ini terkait kesepakatan tentang Perppu Pilkada itu hanyalah sebuah dinamika yang wajar, namun yang pasti, koalisi yang tergabung dalam KMP masih solid sejak awal. Salah satu contohnya setelah Munas Golkar di Bali kemarin, dimana pada saat itu, Ical memberikan sinyal bahwa partainya akan mendukung Perppu Pilkada," sebutnya.

Meski demikian tambahnya, dalam dunia perpolitikan perlu adanya pengujian konsistensi sebuah koalisi. Dan saat ini merupakan salah satu pengujian yang harus dihadapi oleh KMP dalam menjalin kebersamaan mereka untuk mempertahankan koalisi yang memilih jalur di luar pemerintahan.

"Realitas yang ada saat ini merupakan sebuah pengujian yang harus dihadapi oleh KMP dalam menjalin kebersamaan mereka di luar pemerintahan. Dan untuk saat ini kita melihat kecenderungan KMP tetap solid dan akan menyepakati Perppu Pilkada itu," katanya mengakhiri. (adi/bim)

Berita Terkait

Baca Juga