Maluku Tenggara Barat Diguncang Gempa 6 SR

Covesia.com – Gempa dengan kekuatan 6 skala Richter (SR) mengguncang Maluku Tenggara Barat pada Minggu, pukul 05.05 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mecatat, gempa berlokasi di 6.29 LS – 130.66 BT dengan kedalaman 133 Km, atau berada 165 km Barat Laut Maluku Tenggara Barat dan tidak berpotensi Tsunami.

Mengutip antara dilansir covesia.com, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, Minggu pagi (7/12/2014), menyebutkan, pihaknya telah mengonfirmasi dan menganalisis dampak gempa, yakni getaran gempa dirasakan cukup keras beberapa detik.

“Warga sempat panik. Belum ada laporan kerusakan bangunan,” katanya lagi.

Saat ini, lanjut dia, pemantauan dampak gempa itu masih dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Sutopo menjelaskan wilayah di sekitar Maluku Tenggara Barat dan Maluku Barat Daya adalah daerah yang rawan terjadi gempa, karena berada pada pertemuan subduksi Hindia Australia dan Eurasia.

“Di lokasi pusat gempa yang terjadi hari ini berada pada palung dalam,” katanya pula.

Dia menambahkan, tingginya aktivitas tektonik dari Sesar Wetar (Wetar Thrust) yang membujur dari utara Pulau Alor hingga Pulau Romang menyebabkan sering terjadi gempa cukup besar. (cal)

0 Comments

Leave a Comment

two × one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password