BNPB: Wilayah Timur Indonesia Punya Ancaman Gempa dan Tsunami Tinggi

Covesia.com – Gempa 6 SR yang terjadi Minggu pagi (7/12/2014) di Maluku Tenggara Barat, adalah bagian dari potensi ancaman gempa besar dan bahkan bisa terjadi tsunami di wilayah timur Indonesia.(baca juga: Maluku Tenggara Barat Diguncang Gempa 6 SR)

“Gempa tadi pagi, untungnya pusat gempa cukup dalam yaitu 133 km. Gempa 7,4 skala Richter pernah terjadi di daerah yang sama pada 10 Desember 2012 lalu,” katanya,Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, Minggu pagi (7/12/2014).

Mengutip antara, Dia menuturkan, wilayah timur Indonesia memiliki ancaman gempa dan tsunami yang lebih tinggi dibandingkan dengan di bagian barat.

Hal itu, ujarnya lagi, dikarenakan kompleksnya kondisi geologi dan bercampur subduksi lempeng Hindia Australia, Pasifik, Eurasia dan Filipina yang menyebabkan seismisitas lebih rumit.

“Sayangnya penelitian di wilayah ini masih minim. Padahal sejarah gempa dan tsunami mencatat bahwa dulu pernah terjadi,” katanya lagi.

Bahkan, lanjut dia, catatan tsunami di Indonesia dari tahun 1629–2014 terdapat 174 kejadian tsunami, sekitar 60 persen terjadi di wilayah Indonesia bagian timur.

Menurut dia, dengan pertambahan jumlah penduduk di wilayah tersebut, seharusnya pemerintah memberikan perhatian lebih serius dengan mengalokasikan anggaran untuk penelitian terkait gempa bumi dan tsunami serta kesiapsiagaan masyarakatnya.

“Jika tidak, gempa dan tsunami yang pasti akan terjadi suatu saat sesuai siklus geologinya dapat berpotensi menimbulkan korban jiwa yang besar,” kata dia mengingatkan. (cal)

0 Comments

Leave a Comment

15 − five =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password