Pantauan Satelit, Ratusan kapal Asing Masih Keruk Laut Indonesia

Covesia.com – Pasca penenggelaman 3 kapal Vietnam yang kedapatan mencuri ikan diperairan Indonesia oleh oleh TNI AL sejauh ini berdampak pada berkurangnya kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia.

Para nelayan di Padang, Sumatera Barat mengaku sangat senang dengan kebijakan pemerintah menenggelamkan kapal nelayan asing yang mencuri ikan diperairan nusantara.

Menurut para nelayan, selama ini bila mereka tanpa sengaja masuk ke wilayah negara lain juga diperlakukan sama oleh pemerintah Negara itu.

Banyak para nelayan dipenjara dan kapalnya ditenggelamkan. Mereka berharap sikap tegas itu terus dilanjutkan oleh pemerintah.

Penenggelaman 3 kapal Vietnam sejauh ini berdampak pada berkurangnya kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia.

Bila sebelumnya pencuri ikan bisa mencapai 900 kapal, kini dari pantauan satelit ada sekitar 100 kapal asing yang masih mencari ikan di perairan Indonesia.

Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dalam siaran persnya yang diterima covesia.com, mengatakan, minggu depan nanti sebuah kapal asing yang berbobot 300 ton juga akan ditenggelamkan di Batam, Kepulauan Riau.

“Semoga saja dengan adanya tindakan tegas oleh pemerintah ini, akan mengurangi warga asing yang mengeruk ikan laut di perairan Indonesia,” ujarnya.(jmb)

0 Comments

Leave a Comment

3 × one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password