Vietnam Hempaskan Malaysia 2-1

Covesia.com – Harimau Malaya unggul terlebih dahulu atas Vietnam lewat penalti Safiq Rahim, yang akhirnya membuat mereka harus mengakhiri laga leg pertama semifinal Piala AFF 2014 dengan kekalahan 1-2.

Vietnam mampu melepaskan 15 percobaan dengan tujuh tembakan mengarah ke gawang. Sementara Malaysia cuma mencatatkan lima percobaan dan hanya satu yang tepat sasaran, itu adalah penalti Safiq Rahim.

Vietnam mulai mengancam tuan rumah saat laga baru berjalan empat menit. Lewat sebuah serangan cepat, Nguyen Van Quyet menyodorkan bola kepada Le Cong Vinh tak jauh dari kotak penalti. Menyadari ruangnya tertutup, Vinh dengan satu sentuhan mengoper ke Ngo Hoang Thinh di depan kotak penalti. Bola lantas coba diarahkan ke gawang, tapi cuma tipis saja di samping kanan.

Mengawali dengan keadaan tertekan, Malaysia justru mampu unggul lebih dahulu pada menit ke-14. Wasit menghadiahkan penalti setelah Pham tertangkap menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang. Safiq Rahim maju sebagai eksekutor dan sukses menjalankan tugasnya.

Pada babak kedua, Vietnam terus menampilkan permainan agresif dan serangan-serangan cepat. Hasilnya di menit ke-60, mereka berbalik unggul. Mulanya Vinh mengoper ke Quan, yang diteruskan ke Nguyen Van Quyet. Setelah melewati Zubir Azmi, Nguyen Van Quyet melepaskan tembakan kaki kiri terarah yang tak mampu dijangkau Khairul Fahmi.

Enam menit kemudian, Vinh berpeluang menambah keunggulan timnya. Menerima umpan Mac Hong Quan di muka kotak penalti, Vinh berdiri cukup bebas. Namun karena terlalu lama menahan bola sebelum akhirnya melepas tembakan, Muslim Ahmad berhasil memblok upayanya.

Dalam keadaan tertinggal, Malaysia meningkatkan intensitas serangan, namun beberapa kali serangan meraka kandas dengan pertahan Vietnam yang kokoh, dan Vietnam mulai mengendurkan tekanan dan sesekali mencoba menyengat lewat serangan balik.

Pada waktu tambahan, Malaysia sempat mendapatkan sebuah peluang, yang berawal dari sepak pojok, bola jatuh di kaki Indra yang berdiri di dalam kotak penalti. Tapi tembakannya tak terarah sempurna, hanya melenceng ke kiri gawang.

Vietnam mempunyai modal bagus berkat kemenangan 2-1 atas Harimau Malaya dan leg kedua akan digelar di kandang mereka yakni My Dinh Stadium, Kamis (11/12/2014) mendatang. (def)

0 Comments

Leave a Comment

2 × four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password