Iran, Irak dan Suriah Bersekutu Berantas Ekstrimisme

Covesia.com – Iran, Irak dan Suriah, bersekutu berantas ekstrimisme yang semakian mennjadi-jadi di kawasan itu. Menteri Luar Negeri Suriah Walid Muallem akan mengunjungi Teheran pekan ini untuk satu konferensi tentang pemberantasan ekstrimisme yang akan juga dihadiri oleh sejawatnya dari Irak, kata media pemerintah Iran, Minggu (7/12/2014).

Muallem, akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Irak Ibrahim al-Jaafari, yang sudah tiba di Teheran, serta Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif pada konferensi Senin (8/12/2014), kata kantor berita Iran, IRNA.

Iran adalah sekutu utama regional Presiden Suriah Bashar al-Assad, dan Teheran telah mengakui mengirimkan penasihat militer untuk membantu pasukan mereka melawan pemberontak bersenjata dan militan jihad.

Pihaknya juga membantu politik dan militer Baghdad dalam perang melawan kelompok garis keras Negara Islam (IS) yang saat ini menguasai wilayah luas di Irak dan Suriah.

Teheran bukan bagian dari koalisi internasional yang dipimpin AS melakukan serangan udara terhadap IS di kedua negara. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

three × two =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password