Kejari Lubuk Sikaping Geledah Kantor Wali Nagari

Covesia.com – Dalam rangka memperingati hari antikorupsi internasional, Kejaksaan Negeri Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), pagi ini, Senin (8/12/2014) membuat kejutan. Mereka menggeledah kantor walinagari (lurah) Cubadak Kabupaten Pasaman.

Sebanyak 6 orang tim penyidik ditambah pihak keamanan setempat pun diturunkan. Penggeledahan Kantor Walinagari tersebut terkait dengan dugaan kasus korupsi dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari pada tahun anggaran 2010 hingga 2013.

“Ya benar pagi ini kita akan turun ke kantor Walinagari Cubadak,” kata Kepala Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Lubuk Sikaping, Pasaman, Zulkarnain Harahap ketika dikonfirmasi covesia.com, Senin (8/12/2014).

Menurut Zulkarnain, tim penyidik akan menggeledah ruang walinagari, ruang sekretaris dan bendahara. Tidak tertutup kemungkinan rumah pribadi Wali Nagari Cubadak. “Nanti kita minta bantuan kepada pihak keamanan setempat, untuk antisipasi kalau terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan di lapangan,” sebut Zulkarnain.

Penyidik juga sudah menetapkan tersangka dugaan kasus korupsi tersebut yakni Wali Nagari Cubadak, M. Dahril Lubis. Direncanakan beliau akan diperiksa besok pagi, Selasa (9/12/2014).

Menurutnya, penyidikan kasus dugaan korupsi dalam penyalahgunaan dana APB Nagari, di daerah ini, terus dikembangkan. Penyidik juga sudah memintai keterangan saksi dari dua pejabat yakni Camat Dua Koto, Tasrim Yules dan Kasi Pemerintahan Junaidi.

Kedua saksi yang diperiksa tersebut, terkait pengetahuan mereka seputar penggunaan dana APB Nagari di Nagari Cubadak, Kecamatan Duo Koto, Kabupaten Pasaman, yang mengindikasikan terjadinya perbuatan korupsi dengan kerugian negara sekitar Rp132 juta.

Sebelum masuk ke tahap penyidikan ini, pihak kejaksaan setempat juga telah melakukan pemanggilan kepada 23 orang di lingkungan nagari, pada saat penyelidikan yang telah mulai dibuka sejak awal bulan lalu. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

5 × two =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password