Pengembalian Uang Kerugian Negara oleh Kejati Sumbar Sangat Kecil

Covesia.com – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang menyoroti kecilnya uang pengganti dari kerugian Negara yang berhasil dihimpun oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat (Sumbar) dalam kurun waktu 2011 sampai dengan 2014 ini.

“Untuk tahun 2014 ini, pihak Kejati Sumbar baru mampu mengembalikan uang kerugian negara dari kasus korupsi sebanyak 400 jutaan. Jumlah tersebut sangat kecil bila dibandingkan dengan jumlah penghitungan kita,” tutur Indira Suryani, Staf Devisi Pembaharuan Hukum dan Peradilan Isu Pemberantasan Korupsi LBH Padang kepada covesia.com, Senin (8/12/2014).

Dari catatan LBH Padang lanjut Indira, seharusnya ada pengembalian keuangan negara sebesar 6,1 miliar rupiah yang kembali kepada negara dari periode tahun 2011 sampai saat ini .

Dikatakannya, nilai 6,1 miliar tersebut dihimpun pihaknya dari data hasil putusan majelis Hakim Pengadilan Tipikor Sumatera Barat yang sudah incraht. “Data itu dihimpun dari hasil putusan pengadilan,” jelasnya.

Ditambahkannya, jumlah kerugian negara yang ditimbulkan oleh para koruptor yang ada di Sumatera barat ini, diyakini terus bertambah seiring meningkatnya kasus korupsi yang terjadi.

“Kita berharap Kajati yang baru bisa fokus untuk mengembalikan kerugian negara yang ditimbulkan oleh pelaku korupsi tersebut, sehingga jumlah pengembalian kerugian negara itu dapat dihimpun dengan maksimal,” lanjutnya. (adi/bim)

0 Comments

Leave a Comment

2 × three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password