Kadisdik Sumbar: Kurikulum 2013 Bagus untuk Membangun Karakter

Covesia.com – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumatera Barat (Sumbar), Syamsurizal mengaku kecewa terhadap penghentian penerapan Kurikulum 2013 (K13) oleh pemerintah pusat karena secara substansi bagus untuk membangun karakter dan kompetensi murid.

“Saya sangat mendukung Kurikulum 2013. Hal ini harus dilanjutkan minimal harus linear (sejalan dengan perkembangan zaman),” katanya kepada covesia.com, Senin (8/12/2014).

Menurut Syamsurizal, melalui Kurikulum 2013 ini dapat membuat anak-anak lebih berkarakter, berpendidikan, berketerampilan serta memiliki pengetahuan yang sangat luas.

Ditambahkannya, dirinya tidak melihat kelemahan yang ada pada Kurikulum 2013. Bahkan dengan dibekukannya Kurikulum 2013 ini, dia mengkhawatirkan akan semakin membuat karakter pendidikan anak semakin anjlok.

Mengenai adanya keberatan guru terhadap sistem penilaian Kurikulum 2013 yang naratif atau deskriptif, Syamsurizal mengatakan, hal itu hanya pendapat segelintir guru yang tidak ingin adanya pembaharuan kurikulum dan dianggap memberatkan mereka.

Sebagai contoh, kita lihat pada Sekolah Pilot yang menerapkan Kurikulum 2013 dan dianggap berhasil dalam menerapkan kurikulum ini. “Yang penting, penilaian numerik disertai narasi itu lebih objektif karena banyak negara maju atau banyak sekolah berkualitas yang memakai kurikulum 2013,” tegasnya.

Pokoknya saya sangat setuju dengan Kurikulum 2013, harapannya agar Kurikulum ini lebih dikuatkan kedepannya sesuai dengan perkembangan zaman. (def/bim)

0 Comments

Leave a Comment

14 − two =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password