Tuntaskan Pelanggaran HAM Masa Lalu, Ini yang Akan Dilakukan Jokowi

Covesia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmen pemerintah untuk menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di masa lalu.

Ia menyebutkan, ada dua cara yang bisa dilakukan terkait pelanggaran HAM masa lalu, yaitu dengan rekonsiliasi dan melalui pengadilan.

“Dua jalan yang dilalui dalam rangka penegakan HAM, yaitu denga rekonsiliasi secara menyeluruh dan pengadilan ad hoc,” kata Jokowi saat memberikan sambutan pada Peringatan Hari HAM se Dunia 2014 di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Selasa (9/12) pagi.

Presiden menegaskan, pelaksanaan HAM tidak hanya berkaitan dengan penegakan hukum tetapi juga bagaimana pemerintah dapat menjamin hak-hak ekonomi, hak-hak sosial, dan hak-hak budaya, seperti hak warga negara memperoleh layanan pendidikan, layanan kesehatan, dan juga memberikan jaminan perlindungan kekebabasan beragama dan berkeyakinan.

“Pemerintah tidak hanya berperhatian dan berkomitmen untuk menyelesaikan kasus-kasus HAM masa lalu tapi juga mencegah terulangnya kembali pelanggaran HAM di masa yang akan datang,” kata Presiden Jokowi. (jmb)

0 Comments

Leave a Comment

nine − 7 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password