Dua Minggu Jelang Akhir Tahun, Harga Sembako Normal di Padang

Dua Minggu Jelang Akhir Tahun Harga Sembako Normal di Padang Pedagang daging di Pasar Raya Kota Padang. (Foto: Ossdi Handri/covesia.com)

Covesia.com - Jelang penghujung tahun, terutama Natal dan Tahun Baru, harga kebutuhan pokok masih normal. Harga daging masih berada di kisaran Rp95.000/kg, bawang merah Rp15.000/kg, lobak Rp4000/kg, buncis Rp9.000/kg, kentang Rp8000/kg dan bahan makanan pokoknya lainnya belum mengalami kenaikan.

Namun, berdasarkan pantauan covesia.com di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, pada Minggu (14/12/2014), harga cabai masih mahal yakni cabai merah Rp75.000/kg dan cabai hijau Rp40.000/kg.

Dodi, pedangang cabai, mengatakan bahwa mahalnya harga cabai karena gagal panen di daerah Jawa sehingga pasokan jadi tidak lancar. "Kenaikan murni gagal penen. Bahkan pedagang di Jawa pun banyak mendatangkan cabai dari daerah lainnya," ujar pedagang yang sudah tujuh tahun menjual cabai ini.

Senada dengan Dodi, Al juga mengeluhkan minimnya pasokan cabai. Menurutnya, pendapatannya juga menurun dari biasanya karena daya beli masyarakat yang juga menurun.

Saat ditanyakan mengenai potensi kenaikan harga menjelang akhir tahun, mereka mengatakan bahwa itu bisa saja terjadi. Namun, kenaikan itu biasanya tidak terlalu siginifikan seperti hari lebaran. "Biasanya, seminggu sebelum akhir tahun, harga sudah mulai naik, " kata Dodi.

Meskipun harga cabai masih mahal, tetapi pembeli masih ada. Romlah, salah seorang pembeli mengatakan bahwa ia hanya bisa mengurangi membeli cabai. "Bagaimanapun, kita harus tetap beli. Rasa pedas cabai sudah melekat di lidah," ujar ibu rumah tangga yang juga berjualan makanan ini. (osd/cal)

Berita Terkait

Baca Juga