Kejati Sumbar tak Serius Tangani Pemulihan Aset Hasil Korupsi

Covesia.com – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang, Sumatera Barat bersama Solidaritas Anti Korupsi (AMUAH) memberikan beberapa catatan kritis perihal kinerja Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat dalam hal pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Dari catatan kita, dapat kita simpulkan bahwa Kejati beserta jajaran hanya memprioritaskan penanganan kasus korupsi di segi penindakan saja, tanpa serius menangani upaya pemulihan aset yang dicuri oleh koruptor.

“Karena berdasarkan monitoring LBH Padang terdapat Rp.6.265.269.584 rupiah kerugian negara yang harus dikembalikan ke negara,” tutur Jubir Amuah yang juga sebagai staf Divisi Pembaharuan Hukum LBH Padang, Indira Suryani, Selasa (9/12/2014).

Di samping itu, Ia juga menyayangkan tentang lemahnya upaya Kejati Sumbar dalam memulihkan aset negara yang ditimbulkan oleh para pelaku koruptor, sehingga aset yang seharusnya menjadi milik negara malah berpindah tangan kepada pihak ketiga.

“Ada beberapa kasus yang menjadi catatan serius kita dalam pemulihan aset negara ini. Seperti kasus Korupsi Berjamaah DPRD Provinsi pada tahun 2004 yang diputus lepas oleh Mahkamah Agung. Di samping itu, kasus pengalihan status tanah negara menjadi hak milik orang ketiga, dimana dalam kasus ini pihak kejaksaan berhasil memenjarakan 7 orang pelaku, namun lalai dalam mengembalikan aset negara berbentuk tanah dengan luas 17.750 M2 di Bukit Bekicut,” katanya lagi.

Ia menambahkan, pihaknya juga menilai bahwa kejaksaan tinggi dan jajarannya belum fokus membidik kasus-kasus besar yang dilakukan oleh pelaku korupsi yang memiliki jabatan strategis dengan nominal kerugian keuangan negara yang besar atau “Big Fish”.

“Salah satu contohnya adalah di-SP3-kannya kasus dugaan tindak pidana korupsi dana reses DPRD Kota Padang dengan kerugian negara Rp.1,4 miliar, sehingga dengan demikian, kita menilai telah terjadi diskriminasi dalam penanganan kasus korupsi yang dilakukan oleh pejabat negara dan masyarakat biasa,” tutupnya mengakhiri. (adi/bim)

0 Comments

Leave a Comment

14 − 7 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password