Penghargaan EFA 2014 Dikuasai Film "Ida"

Penghargaan EFA 2014 Dikuasai Film Ida "Ida" karya Pawel Pawlikowski dalam European Film Awards (Foto: Antara)

Covesia.com - European Film Awards (EFA) tahun ini dikuasai Film "Ida" dengan memenangi lima penghargaan, termasuk kategori film terbaik, sutradara terbaik dan film pilihan masyarakat. Ajang pemberian penghargaan tahunan itu digelar di ibu kota Latvia, Riga, pada Sabtu (13/12).

Film karya sutradara Pawel Pawlikowski dari Polandia ini juga masuk nominasi film berbahasa asing terbaik di Golden Globe Awards ke-72 dan Academy Award. Pawlikowski sebelumnya dikenal dengan film-film Inggrisnya seperti "Last Resort" dan "My Summer of Love". Keduanya juga memenangi penghargaan BAFTA.


"Ini malam fantastis bagi kita dan juga tahun yang hebat untuk Polandia. Kita menang dalam voli, kita mengalahkan Jerman dalam sepak bola, untuk pertama kali dalam 80 tahun. Malam ini memahkotai kejayaan," kata Pawlikowski seperti dilansir covesia,com dari Antara, Senin (15/12/2014).

Pada kesempatan itu juga diberikan penghargaan kepada sutradara Inggris, Steve McQueen, yang mendapat penghargaan atas pencapaiannya dalam sinema dunia. Dengan hanya tiga film, "Hunger", "Shame" dan "12 Years A Slave" yang awal tahun ini memenangi Oscar, dia juga dianggap telah menjadi legenda.

Sementara itu, sutradara Prancis, Agnes Varda, mendapat penghargaan prestasi sepanjang hayat. Penghargaan itu diberikan berdasarkan hasil pemungutan suara oleh lebih dari 3.000 anggota European Film Academy.(zik)

Berita Terkait

Baca Juga