Anies Baswedan akan Revisi Doa di Sekolah agar Tidak Didominasi Islam

Covesia.com – Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan, berencana merevisi aturan berdoa di sekolah, yang selama ini praktiknya didominasi agama mayoritas.

Menurutnya, fenomena sekolah negeri di Indonesia saat ini masih menjalankan praktik agama menurut ajaran Islam saja. Hal ini seharusnya tidak boleh terjadi lagi.

“Sekolah negeri harus mempromosikan sikap Ketuhanan Yang Maha Esa bukan satu agama saja,” sebut Mantan Rektor Universitas Paramadina itu dalam konferensi pers usai pelaksanaan silatuhrami dengan seluruh kepala dinas pendidikan seluruh Indonesia di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Senin (1/12/2014).

Ia mengatakan, hal itu menjawab pertanyaan tentang adanya keluhan sejumlah orangtua murid terhadap tata cara dominan agama tertentu, dalam proses belajar mengajar. Hal itu membuat siswa penganut agama lain menjadi tidak nyaman.

Guna mengatasinya, Anies akan menyusun tata tertib. Peraturan itu akan mengatur tentang penggunaan doa sebelum dan sesudah sekolah.

Ia mengaku belum bisa memastikan kapan peraturan tersebut selesai dan bisa diterapkan. Namun dia akan meminta badan hukum kementeriannya, agar segera bekerja membuat peraturan terkait hal ini. (rio)

0 Comments

Leave a Comment

five × 2 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password