Polisi Pakistan Klaim Tembak Mati Pembunuh PM Bhutto

Covesia.com – Kepolisian Pakistan, Selasa (9/12/2014), mengungkapkan keberhasilan mereka menewaskan seorang komandan Taliban, yang mendalangi serangan bom pada 2007 dan menewaskan 139 orang dalam upaya pembunuhan terhadap Perdana Mentri, Benazir Bhutto.

Firdous Khan, komandan Taliban itu, tewas setelah terlibat baku tembak selama satu jam dengan polisi di wilayah Manghopir, Karachi. Demikian penjelasan seorang perwira Departemen Investigasi Kriminal (CID), Usman Bajwa.

Bajwa menambahkan, Khan adalah dalang serangan bom di dekat kendaraan Bhutto dalam sebuah kampanye politik menyambut kepulangan Bhutto pada Oktober 2007. Dalam insiden itu, Bhutto selamat namun dua bulan kemudian tewas dalam sebuah serangan bom bunuh diri dalam sebuah kampanye di Kota Rawalpindi.

“Dia (Firdous Khan- Red) adalah komandan Taliban yang berperan sebagai seorang fasilitator, melatih pelaku bom bunuh diri dan membawanya kepada target, korbannya adalah Benazir Bhutto,” terang Bajwa.

Pemerintah Pakistan saat itu di bawah Pervez Musharraf menuding pembunuhan Benazir Bhutto didalangi oleh pemimpin Taliban Pakistan Baitullah Mesud, yang membantah tuduhan Musharraf. Mesud tewas dalam serangan drone Amerika Serikat.

Ibukota Pakistan, Karachi, yang memiliki penduduk 18 juta dan ikut menyumbang 42 persen GDP Pakistan, beberapa tahun belakangan ini terjerat dalam kekerasan sektarian, etnis dan politik. (ant/jmb)

0 Comments

Leave a Comment

twelve + 16 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password