Gubernur BI Luncurkan Buku kajian Stabilitas Keuangan

Covesia.com – Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo meluncurkan buku Kajian Stabilitas Keuangan (KSK) yang merupakan salah satu publikasi rutin semesteran dan memuat hasil asesmen dan penelitian Bank Indonesia mengenai kondisi dan risiko sistem keuangan.

Agus menuturkan, kajian tersebut disusun sebagai bagian dari pelaksanaan kewenangan Bank Indonesia di bidang pengaturan dan pengawasan Makroprudensial sebagaimana diatur pada Undang-Undang No. 21 Tahun 2011.

“Bank Indonesia sebagai otoritas makroprudensial, mencermati setiap perkembangan yang ada di dalam sistem keuangan dan mengambil kebijakan yang pre-emptive untuk memastikan tetap terpeliharanya stabilitas sistem keuangan,” ujar Agus di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, guna mengantisipasi dan memitigasi risiko sistemik serta transmisi dari risiko kredit, risiko likuiditas dan risiko pasar, BI melakukan asesmen dan surveillance terhadap sistem keuangan secara menyeluruh.

“Selain itu, uji ketahanan perbankan dan sistem keuangan juga dilakukan melalui stress test terhadap risiko-risiko utama yaitu risiko kredit dan risiko pasar,” kata Agus yang dilansir Antara.

Bank Indonesia berharap agar Kajian Stabilitas Keuangan menjadi referensi bagi pelaku usaha dan masyarakat untuk memahami kondisi, tantangan risiko dan langkah yang harus diambil dalam memelihara sistem keuangan. (lif)

0 Comments

Leave a Comment

fourteen − one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password