Media Jangan Hanya Mengkritik Kebijakan, tapi Bisa Mencarikan Solusi

Covesia.com – Seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang akan memaksimalkan manfaat dari perkembangan ini untuk mengimbangi kinerja anggota dewan dalam melaksanakan tugas sebagai wakil rakyat.

Hal ini disampaikan H. Erisman, Ketua DPRD Kota Padang, Sumatera Barat, dalam wawancara dengan Utari Dwi Rahma S dari covesia.com, Rabu (10/12/2014). Berikut hasil wawancara covesia.com dengan politikus dari Partai Gerindra ini.

Bagaimana tanggapan Bapak terhadap semakin banyaknya bermunculan media baru di Indonesia?

Saya sangat welcome terhadap kehadiran media baru. Karena akan semakin mampu mengimbangi pemberitaan dari media-media yang telah ada sebelumnya

Apakah manfaat yang bisa Bapak rasakan atas kehadiran media baru khususnya media online?

Tidak bisa dipungkiri kehadiran media online sangat dibutuhkan di zaman yang serba instan seperti sekarang. Banyaknya perangkat elektronik juga sudah mampu mendukung kahadiran portal berita online. Kita juga sebagai anggota dewan diberi kemudahan dengan hadirnya portal berita ini dalam satu genggaman kita bisa mengakses segala macam berita.

Dibandingkan dengan koran, media online jauh lebih efektif. Karena beritanya juga tidak terlalu panjang dan tak serumit membaca koran yang bisa sampai puluhan paragraf.

Bagaimana harapan Bapak terhadap pesatnya perkembangan teknologi informasi untuk DPRD?

Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi yang begitu pesat ini berbanding lurus dengan percepatan informasi yang diharapkan mampu mengimbangi kinerja DPRD. Mengimbangi dalam artian sebagai perpanjang tangan atas hasil kinerja dan keputusan yang diambil DPRD kepada masyarakat dan juga sebagai pengawas yang mengawal kita dalam melaksanakan tugas yang diamanatkan oleh rakyat.

Apa yang akan dilakukan DPRD terhadap perkembangan ini?

Ya kita berusaha memanfaatkan semaksimal munking perkembangan ini. Toh ini sangat membantu juga untuk kelancaran tugas dan peran DPRD dalam melaksanakan kegiatan sebagai wakil rakyat.

Bagaimana bentuk pemberitaan dari media terhadap kinerja dewan dan pemerintah?

Saya berharap dalam menyajikan berita media harus mempertimbangkan feedback dari berita tersebut berupa jalan keluar dari masalah yang mereka beritakan. Tidak masalah berita yang disajikan itu berupa kritikan, namun terlepas dari itu berita tersebut harus memberikan solusi sehingga memberikan jalan keluar atas masalah yang diberitakan. Bukan sekedar main hantam dan main kritik kebijakan pemerintahan dan pejabat saja.

Apa tanggapan dan harapan Bapak terhadap kehadiran Covesia sebagai media baru berskala nasional dari Sumatera Barat?

Saya mengapresia kehadiran covesia.com yang memberikan gebrakan baru di Sumatera Barat sebagai bentuk konvergensi media tidak hanya berkutat seputar informasi daerah namun juga berita nasional. Ditambah lagi covesia diisi oleh orang-orang yang berkompeten dibidangnya.

Harapan saya, walaupun covesia ini portal berita nasional, namun dengan keberadaanya berpusat di Sumbar, saya berharap covesia juga menghadirkan berita mengenai potensi daerah sehingga nantinya mampu menarik investor dan perantau-perantau untuk kembali membangun ranang minang ini. Seperti pemberitaan dibidang pariwisata, kemajuan ekonomi seperti pasar raya padang dan yang tidak kalah penting dunia pendidikan. (utr/ary)

0 Comments

Leave a Comment

12 − ten =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password