Staf Ahli Pemko Padang Jalani Sidang Tipikor

Covesia.com – Terduga pelaku tindak pidana korupsi dana retribusi fasilitas Gelanggang Olah Raga (GOR) H. Agus Salim Padang, Sumatera Barat, Firdaus Ilyas, menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor Padang, Rabu (10/12/2014).

Dalam persidangan yang diketuai oleh hakim Irwan Munir, perbuatan terdakwa yang juga merupakan staf ahli bidang Pemerintahan Kota (Pemko) Padang ini, dinilai oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah terbukti merugikan keuangan Negara.

“Berdasarkan hasil audit dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Sumatera Barat, perbuatan terdakwa telah merugikan keuangan negara sebesar Rp32 juta,” kata JPU Isward CS dalam sidang perdana dengan agenda pembacaan surat dakwaan.

Atas perbuatannya tersebut terdakwa dijerat JPU dengan pasal 3 jo pasal 18 ayat (1) huruf a dan huruf b, ayat (2) dan ayat (3) UU RI No. 31 tahun 1999 yang telah diubah dan ditambah dengan UU RI No. 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tipikor jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Ancaman hukuman pasal 3 menyebutkan setiap orang yang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, di pidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 20 tahun dan atau denda paling sedikit Rp50 juta dan paling banyak Rp1 miliar. (adi)

0 Comments

Leave a Comment

20 − 8 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password