Kenaikan Gaji Kepala Daerah Disesuaikan Kinerja

Covesia.com – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menegaskan gaji kepala daerah dapat dinaikkan namun akan disesuaikan dengan kinerja masing-masing.

“Hingga saat ini Kementerian Dalam Negeri masih menyiapkan aturan dan melakukan evaluasi, sebelum menaikkan gaji kepala daerah baik gubernur, bupati maupun walikota,” kata Tjahjo Kumolo di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu (10/12/2014).

Menurut dia, rencana kenaikan gaji tersebut nantinya akan disesuaikan dengan kinerja kepala daerah. “Usulan kenaikan gaji pokok kepala daerah tersebut sudah ada sejak era pemerintahan sebelumnya,” katanya.

Ia mengatakan, meskipun kenaikan gaji pokok kepala daerah berada dalam kewenangan Menteri Keuangan, namun hingga saat ini Kemendagri tengah menyiapkan aturan dan mengevaluasi dengan melakukan pengecekan sebelum menaikkan gaji tersebut.

“Salah satu yang sedang dievaluasi adalah terkait kinerja kepala daerah. Selain itu juga terkait pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta,” katanya.

Tjahjo mengatakan, pihaknya hanya tinggal mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo. “Pertimbangan mengenai kenaikan gaji pokok kepala daerah juga akan dilakukan dari aspek penerimaan daerah yang berasal dari faktor lain,” katanya.

Ia mengatakan, perlu dilakukan pengawasan secara ketat agar pemasukan kepala daerah yang diterima dari sektor lain tidak menyalahi aturan. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

fifteen − nine =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password