Gorbachev Desak Barat Harmonis dengan Rusia

Covesia.com – Pemimpin Soviet terakhir Mikhail Gorbachev Selasa mendesak Barat yang didalamnya sekutu Amerika Serikat dan Uni Eropa untuk “mencairkan kebekuan” hubungan dengan Moskow.

“Kita harus segera mencairkan hubungan, meskipun terjadi ketegangan atas Ukraina,” kata Gorbachev sebagaimana dilansir AFP.

“Saya menyarankan agar para pemimpin Rusia dan Amerika Serikat berpikir tentang pengadaan KTT pada agenda yang luas, tanpa persyaratan awal … yang sama jenis KTT yang harus dipersiapkan antara Rusia dan Uni Eropa.”Rusia dan Amerika Serikat “membawa tanggung jawab khusus”, kata Gorbachev.

“Ketika mereka berjalan jauh dari itu, dunia melihat konsekuensi yang mengerikan.”Kedua pihak harus turun dari posisi ideologis mereka, katanya. “Kami tidak perlu takut bahwa seseorang akan ‘kehilangan muka’ atau seseorang akan memenangkan satu kemenangan propaganda.

Itu semua milik masa lalu. Kita harus berpikir tentang masa depan.”Gorbachev memperingatkan bahwa upaya-upaya internasional saat ini untuk memecahkan krisis Ukraina “tidak sebanding dengan bahaya yang mengancam kita semua.

“Dia mengatakan bahwa ia percaya “kedua pihak dalam konflik Ukraina melanggar gencatan senjata, kedua pihak bersalah dalam menggunakan senjata jenis sangat berbahaya dan melanggar hak asasi manusia”.”Perang sampai akhir kemenangan tidak mungkin,” katanya.

“Sudah waktunya untuk berhenti!”Gorbachev mendukung aneksasi Rusia atas Krimea.

Dia mengatakan pada Maret bahwa Rusia berhak untuk memperbaiki kesalahan sejarah oleh Uni Soviet dalam menyerahkan ke Ukraina dan bahwa “ini harus disambut bukannya menerapkan sanksi di atasnya.” (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

two × four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password