Refli Harun: Hakim MK Idealnya Berasal dari Pakar Hukum

Covesia.com – Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Hakim Konstitusi 6 Januari 2015 Mendatang. Saat ini tim seleksi Mahkamah Konstitusi telah membuka pendaftaran untuk calon hakim Mahkamah Konstitusi. Mengingat waktu seleksi yang kurang dari satu bulan, maka tim seleksi harus bekerja cepat.

Menanggapi dibukanya pendaftaran untuk calon hakim MK, pakar hukum tata negara, Refli Harun, Mengatakan bahwa calon hakim yang ideal untuk Mahkamah Konstitusi adalah orang yang mengerti dan paham dengan hukum.

“Idealnya untuk menjadi hakim Mahkamah Konstitusi itu adalah pakar hukum,” kata Refli kepada covesia, Kamis (11/12/2014).

Alasannya, karena jika hakim MK tidak berasal dari orang-orang yang tidak mengerti hukum, maka bisa dipastikan wibawa Mahkamah Konstitusi kedepannya tidak akan lebih baik dari saat ini.

“Jangan sampai hakim Mahkamah Konstitusi dipilih dari seorang politisi, mau jadi apa negri ini,” ujar Refli.

Refli Harun memaparkan bahwa Hukum itu adalah sebuah kepastian, jangan sampai hukum dipolitisi oleh orang-orang yang mempunyai kepentingan. Hakim Mahkamah Kontitusi juga harus mampu mengembalikan wibawa Mahkamah Konstitusi yang sempat tercoreng setelah tertangkapnya Hakim MK Akil Mochtar oleh KPK dalam kasus penyuapan. (peb/cal)

0 Comments

Leave a Comment

sixteen − four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password