Pengamat: KMP Berpotensi Besar Dukung Perppu Pilkada

Covesia.com – Pengamat politik Universitas Andalas Asrinaldi berpendapat bahwa koalisi merah putih (KMP) berkemungkinan besar dukung peraturan pemerintah pengganti undang-undang mengenai pemilihan kepala daerah secara langsung (Perppu Pilkada) Nomor 1 tahun 2014. (baca juga: Gawat! KMP Melakukan Bunuh Diri Politik)

Menurutnya pelaksanaan Pilkada langsung merupakan keingingan sebagian besar masyarakat Indonesia. Mengingat hal ini tentunya partai-partai yang berada pada KMP akan mempertimbangkan resiko yang akan mereka terima jika menolak Perppu tersebut.

“Jika mereka menolak reaksi besar akan ditunjukan masyarakat, ini kan aspirasi masyarakat jika mereka tolak mereka akan kehilangan suara untuk Pemilu 2019,” katanya saat dihubungi covesia.com, Kamis (11/12/2014).

Koordinator Program Magister Ilmu Politik Unand ini menambahkan ketakutan akan kemerosotan jumlah pemilih ini sudah mulai diperlihatkan oleh sejumlah partai yang berada pada KMP . Mereka mulai memberikan sinyal untuk mendukung Perppu. Diantaranya Golkar versi munas Bali, PAN, dan Sebagian anggota PPP

“Saya tidak begitu terkejut ketika Ical (Ketua Umum Golkar versi munas Bali) berbalik arah mendukung Perppu Pilkada yang pada awalnya menolak Perppu ini. Dia melihat kecaman yang luar biasa dari masyarakat ketika dia nyatakan menolak Perppu tersebut kemaren ini. Melihat hal terbut dia langsung berbalik arah dan menyatakan golkar dukung Perppu Pilkada,” ujarnya

Sebelumnya Aburizal Bakhri Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Bali menyatakan mendukung Perppu Pilkada melalui kicauan di akun twitternya setelah sebelumnya menolak Perppu tersebut. Sinyal dukungan ini juga mulai ditujukan oleh partai lain dari kubu KMP. (utr/cal)

0 Comments

Leave a Comment

2 × 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password