Kejagung Harus Segera Eksekusi Mati Terpidana Narkoba

Covesia.com – Meski masih menjadi polemik mengenai hukuman mati, Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) tetap mendesak pemerintah melaksanakan hukuman tersebut. Apalagi bagi bandar narkoba yang sudah berstatus terpidana dan memiliki kekuatan hukum tetap (incracht) atas perkaranya.

Ketua Umum Granat Henry Yosodiningrat meminta agar masyarakat tidak lagi berpelomik terhadap hukuman mati terutama bagi bandar narkoba. Hukuman mati itu sangat tepat dijatuhkan bagi terpidana kasus narkoba.

“Kita tidak lagi mendiskusikan yang berkaitan pro ataupun kontra hukuman mati. Sekarang ini tidak lagi saatnya berdiskusi, tapi segera mengeksekusi,” tegas Henry saat menyambangi gedung Kejaksaan Agung (Kejagung), Kamis (11/12).

Tindakan yang dilakukan bandar narkoba, kata Henry, tak ada bedanya dengan tindakan pelaku pembunuhan massal. Sehingga Kejagung untuk segera mengeksekusi terpidana hukuman mati yang sudah berkekuatan hukum tetap. Memang selama ini banyak pihak yang berpolemik bahkan menentang penerapan hukuman mati. Alasannya, pelaksanaan hukuman mati itu dinilai melanggar hak asasi manusia (HAM).

Untuk itu, Henry mengaku siap membela Kejagung apabila ada pihak-pihak yang tetap menolak pelaksanaan hukuman mati. “Kita akan membela Kejagung dengan memberikan alasan-alasan baik secara yuridis maupun sosiologis bahwa hukuman mati tidak bertentangan dengan HAM,” tandasnya. (hat/cal)

0 Comments

Leave a Comment

1 × 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password