Kejari Padang Ajukan Kasasi Vonis Bebas Azhar Latif

Covesia.com – Kejaksaan Negeri Padang mengajukan Kasasi atas putusan Pengadilan Tipikor Padang terkait vonis bebas yang diterima mantan Dirut PDAM Padang Azhar Latif, dalam kasus dugaan korupsi dana pengacara sebesar Rp450 juta di PDAM Padang tahun 2012.

Mereka tetap pada pendirian awal.

“Kita masih yakin dengan dakwaan Jaksa Penuntut Umum yang menyatakan bahwa terdakwa Azhar Latif bersalah. Untuk itu kita telah resmi mengajukan Kasasi atas putusan hakim tersebut,” tutur Kasi Pidsus Kejari Padang, Alamsyah kepada covesia.com, Kamis (11/12/2014).

Ia melanjutkan, pihaknya akan terus melakukan upaya hukum maksimal terhadap Azhar Latif, yang juga mantan Calon Anggota DPR RI dari Partai Hanura ini.

Dalam tuntutannya, JPU meminta agar majelis hakim dapat menjatuhkan hukuman selama tujuh tahun penjara, denda Rp200 juta subsider 3 bulan kurungan, serta membayar uang pengganti Rp450 juta.

“Kita akan kejar terus kasus ini sampai pada proses hukum terakhir. Pada Selasa (9/12/2014) lalu, kita sudah resmi mengajukan kasasi terhadap putusan bebas terdakwa Azhar Latif,” katanya lagi.

Seperti diketahui, mantan Dirut PDAM Padang Azhar Latif dinyatakan oleh Majelis Hakim Tipikor Padang pada Rabu (26/11/2014), tidak terbukti bersalah dalam kasus dugaan korupsi dana pengacara sebesar Rp450 juta di PDAM Padang tahun 2012.

Dimana dalam amar putusannya, majelis hakim menyatakan terdakwa Azhar Latif tidak terbukti melanggar Pasal 2 dan 3 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Berdasarkan keterangan saksi-saksi, bukti-bukti dan fakta persidangan, kami berpendapat bahwa terdakwa Azhar Latif tidak terbukti melakukan perbuatan tindak pidana korupsi sebagaimana yang diatur dalam Pasal 2 dan Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 jo UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” kata hakim Jamaluddin dipersidangan. (adi/bim)

0 Comments

Leave a Comment

one × 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password