Sidang Dugaan Korupsi Marlon Martua Segera Dimulai

Covesia.com – Marlon Martua Situmeang, mantan Bupati Dharmasraya ini akan mulai menjalani sidang perdana pada Senin (22/12/2014). Sidang yang dijalani Marlon terkait dugaan kasus korupsi penggelembungan harga lahan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya tahun 2009, dengan kerugian negara miliaran rupiah.

“Benar, Ketua Pengadilan telah menetapkan jadwal sidang terdakwa Marlon pada 22 Desember 2014,” kata Panitia Muda Tipikor Pengadilan Negeri Padang, Rimson Situmorang kepada covesia.com, Kamis (11/12/2014).

Ia melanjutkan, berkas perkara mantan orang nomor satu di Dharmasraya dengan Nomor 47/Pidsus-TPK/2014/PN tersebut ditetapkan oleh Ketua Pengadilan Negeri Padang setelah dilimpahkannya berkas perkara oleh pihak Kejaksaan Negeri Pulau Punjung beberapa waktu lalu.

Adapun susunan majelis hakim yang akan menyidangkan perkara terdakwa yang diduga melakukan penggelembungan harga (mark up) dalam pembelian tanah yang akan dijadikan lokasi RSUD Sungai Dareh pada tahun 2009 itu diantaranya, hakim Reno Listowo sebagai hakim ketua, Jamaluddin dan M. Takdir sebagai anggota.

“Dalam sidang nantinya, Ketua Pengadilan Tipikor Padang langsung bertindak sebagai ketua majelis hakim yang akan menyidangkan perkara terdakwa,” katanya lagi.

Ditambahkannya, dalam dakwaan JPU, terdakwa Marlon didakwa telah melanggar pasal 2 ayat (1) jo pasal 18 ayat (1) hurf b, ayat (2) dan ayat (3) UU RI No31 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU RI No20 tahun 2011 yakni tidak pidana korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Subsider pasal 3 jo pasal 18 ayat (1) huruf b, ayat (2) dan ayat (3). (adi/bim)

0 Comments

Leave a Comment

three + 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password