Ketua PN Jaksel Diadukan ke MA

Covesia.com – Tim pengacara PT Bumigas Energi mengadukan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Haswandi ke Mahkamah Agung lantaran menerima peninjauan kembali atas putusan PK dari PT Geo Dipa Energi (Persero).

“Jelas tidak ada undang-undang yang mengatur pengadilan bisa menerima PK atas putusan PK,” kata pengacara PT Bumigas Energi, Bambang Siswanto Simamora di Jakarta, Kamis (11/12/2014).

Bambang mengatakan bahwa tindakan Ketua PN Jakarta Selatan itu melanggar hukum karena menerima permohonan PK atas putusan PK. Dia mengungkapkan bahwa Haswandi menerima permohonan PK dari PT Geo Dipa Energi terhadap putusan PK yang diterbitkan MA bernomor: 143 PK/Pdt.Sus.Arbt/2013.

Putusan PK dari MA itu terkait dengan perkara pembatalan putusan Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI). Selain itu, Bambang juga akan mengirimkan surat kepada Komisi Yudisial (KY) agar memeriksa Haswandi yang diduga melanggar kode etik dan pedoman perilaku hakim.

Bahkan, tim pengacara PT Bumigas Energi juga akan meminta Komisi III (Bidang Hukum) DPR RI untuk mempertanyakan tindakan Haswandi. Namun, pihak pengadilan berdalih menerima permohonan PK atas putusan PK itu berdasarkan Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 10 Tahun 2009.

SEMA itu mengatur PK kedua boleh dilakukan jika ada putusan saling bertentangan untuk kepastian hukum siapa yang paling berhak dari dua putusan tersebut. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

5 × 2 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password