10 Reaktor Nuklir Bakal Dibangun India dengan Rusia

Covesia.com – Pemerintah India segera membangun 10 lagi reaktor nuklir bekerjasama dengan Rusia. Kepastian ini merupakan salah satu butir kerjasama bilateral yang terjadi dalam kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke India.

Mengutip AFP dilansir covesia.com, Jumat (12/12/2014), Perdana Menteri Narendra Modi menyebutkan, India telah uraikan visi ambisius untuk energi nuklir minimal 10 reaktor lagi.

“Ini akan memiliki standar tertinggi untuk keselamatan di dunia. Hal ini juga akan termasuk pembuatan peralatan dan komponen di India,” katanya Modi kepada pers di New Delhi.

Rusia telah memasok dua reaktor ke pabrik pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Kudankulam India selatan di bawah perjanjian yang lama tertunda, dan telah mendorong untuk memasok lebih banyak setelah penawaran ditandatangani pada tahun 2008 dan 2010.

Kunjungan Putin adalah pertamanya ke India sejak Modi terpilih pada Mei, dan terjadi pada saat Moskow yang dihantam sanksi berusaha untuk memperkuat ikatan energi, pertahanan dan strategisnya di Asia.

Presiden sedang mencari pasar baru untuk sumber daya alam Rusia saat gulungan sanksi ekonomi Amerika Serikat dan Uni Eropa atas dukungan pemberontakan di Ukraina dan aneksasi Krimea.

Kedua negara pada Kamis menandatangani 16 perjanjian termasuk kesepakatan bagi Rusia untuk memproduksi di India salah satu dari helikopter dan usul yang paling canggih untuk mendirikan pabrik membuat suku cadang Rusia untuk peralatan militer.

Rusia secara tradisional menyediakan 70 persen perangkat keras militer India.

India, yang industri dalam negerinya berjuang untuk memproduksi senjata teknologi tinggi, adalah di tengah-tengah pesta belanja produk pertahanan.

Total perdagangan bilateral mencapai hanya 10 miliar dolar per tahun meskipun Rusia-India memiliki hubungan kuat sejak tahun 1950-an setelah kematian Stalin. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

twenty + thirteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password