Memalukan, Pasaman Barat Banyak Kasus Korupsi

Covesia.com – Praktek korupsi di Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dinilai sudah kronis. Korupsi marak dari kalangan atas sampai yang paling bawah. Sehingga tak heran bila berdasarkan data Kejaksaan Tinggi Sumbar, Pasbar menjadi daerah dengan angka lumayan banyak dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi di Sumbar tahun 2014.

Ketua LSM Forum Peduli Insan Nagari Kabupaten Pasaman Barat, Jasmir Sikumbang kepada covesia.com, Jumat (12/12/2014) mengatakan dengan kejadian saat ini, diperlukan kerja keras dan nyali para penegak hukum dalam hal ini Kejaksaan dan Polri. Bahkan kalau perlu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus turun untuk membongkar gurita korupsi di Pasaman Barat.

Hal ini menurut Jasmir terjadi karena lemahnya kontrol dan rusaknya moral para pemangku kepentingan. Sebaiknya pemerintah Kabupaten Pasaman Barat memakai jasa akuntan publik untuk melakukan pengawasan administrasi dan keuangan, tidak cukup dengan Inspektorat saja.

“Kita sebagai masyarakat merasa malu, kabupaten kita menjadi daerah yang paling banyak dugaan tindak pidana korupsi di Sumbar. Malu kita dengan kabupaten kota lain di Sumbar,” kata Jasmir Sikumbang.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Simpang Empat, Yudi Indra Gunawan, SH dan Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidus), Ihsan, SH mengatakan selama 2014 kejaksaan telah melakukan tujuh penyidikan, delapan penuntutan dan lima eksekusi.

“Kasus korupsi di Pasaman Barat termasuk tinggi di Sumbar. Pihaknya akan menuntaskan berbagai kasus yang masih dalam penyidikan. Dan tidak tertutup kemungkinan akan ada tersangka baru dalam waktu dekat ini,” tegasnya.

Potensi tindak pidana korupsi di wilayah hukum Kejari Simpang Empat cukup tinggi. Selain ketidaktahuan akan aturan juga karena lemahnya pemahaman akan tugas dan fungsi kerja masing-masing. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

five × 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password