Pengacara Udar Pristono Datangi Bareskrim

Covesia.com – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri memanggil pengacara Tonin Tachta Singarimbun. Pemanggilan pengacara mantan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Udar Pristono itu terkait tindak lanjut laporan dugaan pemberian keterangan palsu mengenai pembuktian kasus.

Tonin mengatakan, kedatangannya ke Mabes Polri memenuhi panggilan untuk melengkapi berita acara pemeriksaan (BAP). “Hari ini panggilan pertama atas laporan kita. Laporan itu mengenai dilakukannya penimbangan secara ilegal sehingga klien kami (Udar Pristono) ditahan kejaksaan,” kata Tonin saat berada di Bareskrim Polri, Jumat (12/12/2014) siang.

Tonin menduga ada pihak-pihak yang telah memberikan keterangan bukti palsu untuk mendakwa kliennya, Udar Pristono. Sebagai penasehat hukum, Tonin sudah menyiapkan sejumlah alat bukti yang akan diserahkan penyidik. “Diantaranya, surat yang diajukan kepada Dirjen Perhubungan mengenai siapa yang berwenang melakukan penimbangan, foto-foto dan berkas-berkas,” kata Tonin.

Laporan pihak Udar itu tercatat dalam laporan polisi bernomor LP/1026/XI/2014/Bareskrim. Dalam laporan itu, Tonin menyebut, penimbangan seharusnya oleh pihak yang disumpah apalagi untuk pembuktian dihadapan hukum. Pihak Udar menilai, penimbang tidak mempunyai kompetensi dan legalitas dari Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Jadi, kami menilai ada unsur penipuan. Sehingga jaksa yang memiliki kekuasaan dalam mengatakan seseorang bersalah,” tandasnya. (hat/bim)

0 Comments

Leave a Comment

18 − sixteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password