Orang Tua Perlu Mendampingi Anak Bermain

Jakarta – Orang tua harus mendampingi anaknya bermain agar dapat memberi pengertian kepada anak tentang sisi positif seorang idola.

“Tokoh karakter punya pesan positif yang ingin disampaikan. Itu efektif di usia middle childhood, 7-12 tahun,” kata psikolog anak Ratih Zulhaqqi saat dalam acara bincang-bincang Frisian Flag “Mau jadi siapa kamu hari ini” di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta, Jumat kepada antaranews (31/10/2014) yang dirilis covesia.com.

Pada usia 7-12 tahun, kata Ratih, anak memasuki periode concrete operational. Pada periode tersebut, fase perkembangan kognitif membuat anak lebih mudah mengingat dan mencontoh berbagai hal menarik yang dilakukan oleh karakter favorit mereka.

Ia menambahkan merupakan hal yang wajar jika dalam fase itu, anak mengikuti apa yang dilakukan oleh idola mereka. Untuk itu, lanjut Ratih, orang tua perlu mengetahui siapa yang diidolakan oleh anak mereka.Orang tua juga harus memberi arahan mana sifat idola yang bisa ditiru oleh anak.

Anak perlu diajak untuk memaknai setiap sifat positif karakter kesukaan mereka secara lebih nyata sehingga dapat menerapkannya ke kehidupan sehari-hari. Menurut dia, bila orang tua konsisten memperkenalkan karakter yang positif, sifat tersebut kemungkinan akan melekat secara permanen pada anak. (ant/gyi)

0 Comments

Leave a Comment

seven + 2 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password